Sunday, 19 March 2017

Komponen - komponen yang mempengaruhi kinerja PC

Posted By: Muhamad - March 19, 2017

Komponen - komponen yang mempengaruhi kinerja PC


Hai guys sorry saya kemarin tidak posting di blog ini karena ter kendala suatu masalah, ya... biasa lah kuota admin kemarin lagi kritis mau wifian di sekolahan malah di suruh pulang pagi sama pak guru kalau murid lain sih pada gembira tapi kalau admin sendiri sih malah sedih jadi gak bisa wifian udah kayak gitu ada pengumuman bahwa kelas 10 dan 11 libur dikarenakan kelas 12 akan ujian waduh modal kuota lagi deh, tapi nggak masalah admin kebetulan lagi punya celengan nih buat beli kuota.
Waduh guys sorry malah curhat jadinya yah, waduh parah admin ini emang, oke lupakan saja dan kita fokus membahas tentang Komponen - komponen yang mempengaruhi kinerja PC.
Sebenarnya semua komponen PC itu ya mempengaruhi kecepatan PC sih tapi kali ini kita akan membahas beberapa diantaranya yang merupakan terpenting dari yang paling penting, penasaran apa saja komponen tersebut ? Ok LETS ROLL :

1. Processor (CPU)


Yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu ya memang jika kita membeli sebuah laptop baru biasanya kita akan melihat ke bagian samping kiri bawah keyboard dan jika di situ tertera logo Intel core I7 kita akan bangga banget, tapi apakah kita memang sudah benar benar tahu apa itu Processor dan kegunaannya ? kalau belum tahu mari kita cari tahu.
Processor atau di kenal juga dengan micro processor (MP) atau mungkin bahasa kerennya CPU ( Central Processing Unit ) merupakan sebuah IC yang berisi ribuan bahkan jutaan komponen elektronik di dalamnya bahkan untuk processor AMD Athlon K7 yang keluaran tahun 199 saja sudah berisikan sekitar 22 juta transistor.
Didalam sebuah processor ada beberapa komponen penting yang harus anda ketahui :


  • Arithmatics Logical Unit ( ALU ) : berfungsi untuk melakukan perhitungan arotmatika ( matematika ) yang terjadi sesuai instruksi program.
  • Control Unit ( CU ) : berfungsi mengatur lalu lintas data seperti input atau output.
  • Memory Unit ( MU ) : merupakan sebuah alat penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi.
Fungsi processor sebenarnya bisa diibaratkan seperti otak dari sebuah komputer yang mengatur seluruh pekerjaan komputer, semua data yang telah di masukan ke dalam komputer akan di olah dulu oleh processor dan kemudian di teruskan ke perangkat output untuk menampilkan hasilnya.

2.RAM ( Random Acsses Memory )


Biasanya setelah anda melihat pojok kiri bawah laptop anda anda akan bertanya kepada penjaga toko komputer tempat anda membeli laptop tersebut, Mas ini laptop punya RAM berapa Giga ?.
Mungkin sebagian besar dari anda ada yang bertanya mengapa sih kalau orang membeli laptop baru selalu tanya tenteng RAM Ada Apa Dengan RAM ( AADR bukan AADC ) mari kita cari tahu jawabannya.
RAM merupakan sebuah memory yang bersifat sementara pada komputer tersebut di jalankan dan dapat di akses secara acak atau random.
Artinya data yang anda simpan di RAM hanya akan ada selama arus listrik mengalir ke komputer anda jadi jika komputer anda anda restart maka data yang tersimpan di RAM akan hilang *Saya tidak pernah menyarankan untuk menyimpan data di RAM karena RAM juga di perlukan untuk keperluan proses komputer 
Fungsi RAM adalah mempercepat kinerja komputer anda karena semakin besar RAM berarti semakin terbantu Processor anda dengan semua tugas - tugas beratnya atau dengan kata lain lebih besar kapasitas RAM maka komputer akan semakin cepat.

3.VGA ( Video Graphics Accelerator ) card


VGA ( Video Graphics Accelerator ) berfungsi untuk mengubah atau menterjemahkan sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada monitor.
dan perlu anda ketahui ada beberapa vaktor yang perlu anda perhatikan dari sebuah VGA Card :

  • Ramdac : adalah sebuah chip yang mengkonversikan grafik PC ke dalam sinyal analog Merah, Hijau, Biru yang di gunakan oleh monitor.
  • Acelerator chip : acelerator chip akan meringankan beban processor untuk mengolah data yang berhubungan dengan grafis.
  • Type BUS : ada beberapa type bus yang bisa di gunakan oleh VGA beberapa diantaranya adalah : ISA, VL-BUS, dan AGP.
  • Video memory : secara prinsip makin besar video memory semakin cepat gerak animasi yang di hasilkan dan termasuk meringankan beban processor untuk memproses grafik yang berat.
4.Motherboard.



Motherboard merupakan sebuah papan sirkuit berupa PCB yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung.
Motherboard juga berfungsi untuk menempatkan komponen - komponen komputer yang lain seperti Processor, VGA, RAM dll.
Jadi jelas mengapa Motherboard juga ikut mempengaruhi kinerja suatu komputer karena pada motherboard lah semua komponen suatu komputer di pasang, sebagai contoh anda membeli RAM yang menggunakan solt DDR4 tetapi motherboard anda hanya mempunyai solt DDR3 ya sudah jelas ngga bisa di pasang itu RAM dan akhirnya anda hanya akan mubazir duit.

OK Guys udah capek rasanya tangan ini ngetik terus admin mau istirahat dan mencari sedikit hiburan sebentar, mohon maaf atas segala kekurangan dalam blog ini, kalu agan punya permintaan tentang suatu artikel agan bisa request di komentar dan secepat mungkin admin akan meresponnya.
Akhir kata Wassalamualaikum Wr.Wb


Terima kasih telah berkunjung ke blog saya yang sangat sederhana ini, jika anda ingin request game, artikel ataupun tutorial jangan sungkan untuk mengirim email ke

takim.gagah7@gmail.com

About Muhamad

Menulis adalah hobi saya, saya akan terus belajar menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat dengan cara membegikan apa yang saya tahu melalui blog saya yang sangat sederhana ini.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2016 TAKIM 99

Blogger Templates Designed by Templatezy